Interval Nada

PIANO AND DRUMSET

(Intervals)

      1. Pengenalan Interval (Jarak Nada)
          
          Jarak antara nada satu ke nada lainnya di sebut interval. Jarak (Interval) terkecil dalam scala permainan piano disebut setengah langkah (half step) / (Semi-tone). Setiap interval nada ke nada lainnya dapat diukur dalam setengah langkah contohnya C ke C#/Db ke D ke D#/Eb ke E ke F (E ke F di katakan setengah karena di antaranya tidak terdapat nada begitu pula pada jarak terhadap B ke C yaitu setengah) F#/Gb G G#/Ab A A#/Bb B ke C (inilah para nada yang terdapat dalam 1 oktav dan tetap sama atau berulang ulang sampai mencapai batas dalam dashboard piano)








Jarak atau Interval lainnya disebut langkah penuh (whole step) / (Tone) dan jaraknya sama dengan gambungan antara 2 interval setengah langkah (helf-step) artinya 1 langkah penuh sama dengan 2 bh setengah langkah
jika 4 bh setengah langkah maka jaraknya sama dengan 2bh langkah penuh.








Setelah cukup memahami penjelasan tentang jarak setengah dan jarak penuh kita lanjut pada nama-nama interval atau nama nama jarak.

2. Nama-nama Interval dari nada satu ke nada lainnya

   Nama setiap interval terbuat dari jarak antara dua bh nada. Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang nama nama interval kamu harus mengetahui terlebih dahulu tangga nada Mayor (harus sudah di luar kepala). 
Berikut ini Rumus mencari tangga nada mayor
(Do re mi fa sol la si do') : 1-1-1/2-1-1-1-1/2atau Tone,Tone,Semi-Tone,Tone,Tone,Tone,Semi-Tone).Kita coba masukan Rumusnya untuk C menjadi nada dasarnya
C D E F G A B C
karna C ke D berjarak 1 D ke E berjarak 1 E ke F berjarak 1/2F keG berjarak 1 G ke A berjarak 1 A ke B berjarak 1 B ke C berjarak 1/2 jadi yang di peroleh dari rumus tersebut itulah yang di sebut tangga nada mayor
C D E F G A B C (do re mi fa sol la si do')
jadi kalau mau cari nada dasar D tinggal masukin aja rumusnya tapi tetap melihat dashboard Piano anda bagi yang masih awam. jadi tangga nada D mayor Sbb:
D E F#/Gb G A B C#/Db D
jadi D ke E 1, E ke F#/Gb 1, F#/Gb ke G 1/2, G ke A 1, A ke B 1, B ke C#/Db 1, C#/Db ke D 1/2
jadi cara pake rumusnya harus berkelanjutan misalnya umpamakan huruf abjad yaitu  H I J K L M N O Hjadi contoh yang menjadi dasarnya yaitu H jadi harus dihitung dari H ke abjad selanjutnya misalnya H ke I = 1 lanjutkan lagi dari I ke J = 1 lanjut J ke K = 1/2 Lanjut K ke L= 1 dst sampai balik lagi ke nada awalnya.

Jika sudah mengerti lanjut pada langkah selanjutnya

Contoh gambar di atas adalah nada dasar C
Kembali lagi pada topik di atas yaitu nama setiap interval 


  • 1. Prim: yaitu interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do (Unison)
  • 2. Sekon: yaitu interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re
  • 3. Terts: yaitu interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi
  • 4. Quart/Kuart: yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.
  • 5. Quin/Kuint: adalah interval lima nada.
  • 6. Sekt: adalah interval enam nada.
  • 7. Septim: adalah interval tujuh nada.
  • 8. Oktaf: adalah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke nada do tinggi, sol bawah ke sol tinggi, dsb.

Yang perlu di ingat 
- Perfect (P1,P4,P5,P8)
Perfect terdapat pada Unison (P1), Perfect Fourth (P4), Perfect Fifth (P5) dan Perfect Octave (P8)
-Major (M2,M3,M6,M7)
Major Second (M2) Major Third (M3) Major Sixth (M6) Major Seventh (M7)


Selanjutnya Interval Aughmented
aughmented terbuat dari (menaikan setengah nada (Semi-Tone)terhadap unison perfect dan oktav)
jadi interval aughmented = A1,A4,A5,A8 / C ke C# disebut A1 C ke F# disebut (Aughmented 4/A4) C ke G# di sebut A5 C ke C' disebut A8)

Interval Minor
 minor Terbuat dari setengah nada atau setengah langkah (semi-tone) lebih renda dari Major
jadi m2 m3 m6 m7
jadi interval minor dari nada dasar C yaitu 
m2=C ke Db
m3=C ke Eb
m6=C ke Ab
m7=C ke Bb

pengetahuan
C# sama dengan Db 
D# sama dengan Eb
E# sama dengan F (Tidak perna ketemu cuma cukup tahu)
Fb sama dengan E (cukup tahu)
F# sama dengan Gb
G# sama dengan Ab
A# sama dengan Bb
B# sama dengan C (Cukup Tahu)
Cb Sama dengan B Cukup Tahu)

Interval Diminished
Diminished terbuat dari setengah langkah (semi-Tone)lebih rendah dari P4 P5 dan M7 (jika sudah di minorkan (sudah di beri tanda b pada M7)
Diminished 4 (d4) Diminished 5 (d5) Diminished 7 (d7)
jika ter dapat tanda b (mol) sebanyak2 bh artinya turun 2 x setengah langkah (2x semi-tone) atau sama dengan turun 1 langkah (Tone)
Interval Diminished
d4= C ke Fb (E)
d5= C ke Gb
d7= C ke Bbb (A)


contoh 1
m2 M7 kenapa di katakan m2 dan m7?
m2 terdapat dari C root ke D minor (Db) intervalnya = m2
M7 terdapat dari Nada dasar Db sebagai root (nada dasar) jadi
Db(P1) Eb(M2) F(M3) Gb(P4) Ab(P5) Bb(M6) C(M7) Db'(Perfect Ocktave)

Contoh 2
M2 m7
M2 Di dapat dari Nada Dasar C (C yang menjadi Root) ke D intervalnya = M2
m7 di dapat dari Nada Dasar D (Dyang menjadi Root) ke C intervalnya = m7 (M7 (Major7)di turunkan setengah langkah (half-Step) menjadi m7(Minor7)
D(P1) E(M2) F#(M3) G(P4) A(P5) B(M6)      (C#(M7) pake minor jadi C(m7) D(P.Octav)

Interval Konsonan dan Disonan

              Interval di bagi menjadi Konsonan dan Disonan. Interval konsonan menggambarkan perasaan yang bahagia semangat dan sebaliknya juga terhadap interval dissonant. Jika kita pernah mengiringi sebuah lagu menggunakan alat musik guitar atau piano,tanpa kita sadari kita telah memainkan interval interval Konsonan ataupun Dissonan melalui jembatan akord contohnya akord konsonan nada dasar C yaitu dari C ke F G E A Am Em sedangkan dissonan pada nada dasar C akordnya yaitu C ke D Bm Dm B Gdim FAug... sama halnya juga ketika memainkan melody pada nada dasar C sebaiknya kita memainkan para nada yang terdapat pada intrval konsonan untuk suasana yang meriah semangat dan jika ingin sedih atau menambakan harmonyzation silahkan tambahkan sedikit bumbu atau nada nada interval dissonan :-)

Berikut ini yang merupakan Interval Konsonan dan Disonan
Interval Dissonan berhubungan dengan interval konsonan jadi, dari interval disonan dapat menjadi interval konsoanan untuk contoh sebagai berikut
Berpatokan pada Disonan,Jika Disonan Mayor (M) jembatannya menuju konsonan naik dan menuju konsonan M atau P (yang berada di dekatnya) misalnya M2 ke M3 dan M7 ke P8,....Jika disonannya minor jembatan menuju konsanan Turun dan menuju konsonan Mayor (M) atau (P)  (yang berada di dekatnya tujuannya) contoh m7 M6, m2 P1. Jika disonannya Diminished jembatan menuju konsonannya turun dan menuju konsonan Perfect (P). Jika disonannya Aughmented jembatan menuju konsonannya naik dan menuju konsonan Perfect (P).


Ada pula konversi dari jembatan disonan terhadap konsonan sebagai berikut

d5 b dan F? mengapa demikian ... d5 menjadi b rendah dan f sedang merupakan konversi dari d5 yang asli ( Gb ) jika kita konversikan dapat menarik setengahnya ke bawah dari F#/Gb turun setengah menjadi F dan C turun setengah menjadi B itu sama dengan d5.





Komentar